Rabu, 12 Juni 2013

Kondisi Geografis KUA Simboro

Letak geografis suatu wilayah mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kebijakan dan program kerja yang harus direncanakan dan dilaksanakan oleh seorang decision maker atau pejabat yang memimpin dalam suatu wilayah tersebut, karena itu al-Qur’an menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia terdiri dari bersuku-suku dan berbangsa-bangsa bukan tanpa maksud dan tujuan, tetapi itu semua mengandung suatu nilai transformasi, edukasi dan akulturasi yang diharapkan suatu wilayah tertentu dapat menggali potensi yang lebih baik dari wilayah lain demi terciptanya kemajuan dalam suatu wilayah tersebut.

Oleh karena itu, dilihat dari segi geografisnya KUA Kec.Simboro terletak di Wilayah pantai Barat Kabupaten Mamuju  dengan jarak kurang lebih 8 KM dari pusat ibukota kabupaten.

Kecamatan Simboro merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Mamuju yang terletak di wilayah pesisir pantai Barat dengan karakteristik wilayah pantai dengan medan yang datar yang terdiri dari perkampungan penduduk, perkebun/Tambak .

Adapun batas-batas wilayah Kec.Simboro ini adalah sebagai berikut:

·      Sebelah Barat               :    Kec. Tapalang Barat
·      Sebelah timur                :    Kec. Mamuju
·      Sebelah Utara               :    Selat Makassar
·      Sebelah selatan            :    Kec. Tapalang

Adapun wilayah Kecamatan Simboro terbagi ke dalam 2 Kelurahan dan 8 Desa yaitu:

2 Kelurahan
Ø   Kelurahan Simboro
Ø   Kelurahan Rangas

8 Desa Yaitu :
v  Desa Sumare
v  Desa Botteng
v  Desa Salletto
v  Desa Pati’di
v  Desa Tapandullu
v  Desa Botteng Utara
v  Desa Bala-Balakang
v  Desa Bala-Balakang Timur

     
- Kondisi Sosial-Ekonomi dan Budaya Masyarakat Setempat
Wilayah Kecamatan Simboro berpenduduk 34799  jiwa dengan kondisi sosio ekonomi dan kultural masyarakatnya terbagi dalam beberapa kelompok. Seperti pada umumnya masyarakat di Kabupaten Mamuju, penduduk di wilayah Kecamatan Simboro bersifat imajemuk, terutama dari segi pekerjaan dan sosio kultural. Ada beberapa hal yang mempengaruhi mata pencaharian penduduk sebuah wilayah, diantaranya adalah keadaan tanah wilayah itu sendiri, tingkat pendidikan dan jauh tidaknya rumah penduduk dengan lokasi industri.

Wilayah Kecamatan Simboro merupakan wilayah yang terdiri dari daerah pesisir pantai, daerah  perkebunan dan pemukiman penduduk sehingga jenis pekerjaan penduduk heterogen. Ada sebagian penduduk Kecamatan Simboro yang bekerja sebagai nelayan,petani sawah dan penggarap kebun/buruh tani. Namun ada juga yang berprofesi sebagai pembuat batu bata merah, buruh Pelabuhan,guru, Pegawai negeri sipil, Anggota TNI/Polri dan swasta.

Secara sosiologis, masyarakat Kecamatan Simboro terbagi dalam beberapa kelompok strata sosial. Dalam konteks sosio-ekonomi, masyakat Kecamatan Simboro terbagi menjadi tiga golongan, yaitu sebagian kecil golongan menengah, dan kelompok kedua merupakan kondisi mayoritas masyarakat Kecamatan Simboro yang berada pada klas sosial ekonomi rendah kebawah yang tersebar hampir di seluruh wilayah desa.

Stratifikasi sosial dalam konteks agama, masyarakat Kecamatan Simboro terbagi menjadi dua kelompok, yaitu sebagian masyarakat santri yang mempunyai adat istiadat dan budaya sebagaimana prototipe masyarakat pondok pada umumnya, kedua masyarakat umum yang melaksanakan tradisi  yang merupakan kondisi mayoritas masyarakat Kecamatan Simboro. Walaupun demikian, kegiatan keagamaan di wilayah tersebut dapat dikatakan semarak, bahkan setiap hari besar Islam selalu diadakan pengajian dan kegiatan-kegiatan yang berbasiskan agama.

Dari dua gambaran kondisi sosio ekonomi dan agama tersebut bila dijadikan sebagai pisau analisis untuk mengetahui gambaran kehidupan keluarga dalam konteks kriteria keluarga sakinah, maka masyarakat Kecamatan Simboro mayoritas dalam kelompok keluarga Pra Sakinah, Sakinah I dan II dan sebagian kecil dalam kelompok keluarga sakinah III.

Penduduk yang mendiami wilayah Kecamatan Simboro merupakan penduduk yang semiheterogen. Hal tersebut dapat dilihat dari data statistik kependudukan Kec.Simboro. Dengan jumlah penduduk sebanyak  34799  jiwa dengan rincian menurut klasifikasi jenis kelamin sebagai berikut:

Penduduk Laki-Laki              : 17399
Penduduk Perempuan            : 17400
Jumlah                                   : 34799

Adapun rincian penduduk menurut klasifikasi pemeluk agama sebagai berikut:

ü  1. Penduduk yang beragama Islam             :    34782
ü  2. Penduduk yang beragama Kristen             17     
ü  3. Penduduk yang beragama Katolik          :     -    
ü  4. Penduduk yang beragama Budha           :     -
ü  5. Penduduk yang beragama Hindu            :     -
ü  6. Penduduk yang beragama Konghucu     :     -
ü  7. Penganut kepercayaan                           :     -

Dalam hal wujud dukungan terhadap sebuah kegiatan keagamaan, di Kecamatan Simboro telah terdapat sarana dan prasarana ibadah bagi pemeluknya dengan rincian sebagai beriku t:

1.       Masjid                                       :    64
2.       Musholla                                    :    6
3.       Taman Pendidikan al-Qur’an      :    57
4.       Madrasah Diniyyah                     :    2
5.       Madrasah Ibtidaiyah                   :    5
6.       Madrasah Tsanawiyah                :    7
7.       Madrayah Aliyah                        :    3
8.       Pondok Pesantren                      :    1
9.       Majelis Ta’lim                             :    53
10.   Kapel Katolik                               :     -
11.   Gereja                                          :     -
12.   Wihara                                         :     -
13.   Pura                                             :     -
14.   Klenteng                                       :     -

Dari data di atas, Islam merupakan agama mayoritas yang dipeluk oleh penduduk wilayah Kecamatan Simboro, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap beban kerja dan prosentase pelayanan pernikahan dan layanan lainnya oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Simboro.

Adapun statistic jumlah peristiwa NR tahun 2010 s/d 2012 yang terjadi adalah:




NO
TAHUN
NIKAH
RUJUK
TALAK
CERAI
1
2010
72
-
-
-
2
2011
218
-
-
4
3
2012
348
-
2
6
Jumlah
638
-
2
10

1 komentar:

  1. ada data yang lebih jelas seperti ordinatnya, dan data penghasilan periaknan tangkapanya soalnya saya mau penelitian disana dari UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

    BalasHapus