Rabu, 12 Juni 2013

Uraian Tugas (Job Description) Pegawai KUA Kec. Simboro

Dalam merespon tuntutan masyarakat, KUA diharapkan mampu bekerja secara efektif, efisien, professional dan amanah. Profil Kepala KUA sebagai manajer harus mampu tampil sebagai sosok yang kharismatik dan berwibawa sehingga mampu mengorganisir orang-orang yang menjadi bawahan. Dan begitu pula bawahan sebagai anak buah harus mampu tampil professional sesuai bidang yang dibebankan. Dengan demikian maka akan tercapai satu keseimbangan dan keterpaduan yang akan menjadi satu kesatuan gerak menuju satu tujuan yaitu pelayanan prima kepada masyarakat.
Hal yang tidak kalah penting dalam pencapaian sebuah tujuan adalah kemampuan para pegawai yang dimotori oleh kepala KUA dalam mengenal masyarakat dengan adat dan kebiasaan yang ada karena tugas pokok Kantor Urusan Agama adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang pembangunan keagamaan. Hal ini dikarenakan disetiap daerah mempunyai karakteristik tersendiri yang tentu cara menghadapinya akan menjadi berbeda-beda. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyak hal, diantaranya tingkat pendidikan, jenis mata pencaharian, tingkat status sosial, ekonomi dan kualitas kadar keberagamaan dan lain sebagainya.
Dalam bidang pelayanan pernikahan dan rujuk, KUA Kecamatan Simboro dibantu oleh 8  Pembantu Pencatat Nikah (P3N) yang tersebar di 8 wilayah desa dan Kelurahan se-Kecamatan Simboro.  
Kantor Urusan Agama Kecamatan Simboro didukung oleh 10 pegawai yang terdiri dari 1 (satu) orang Kepala, 7 (dua) orang Staf dan 2 orang Penyuluh Agama Islam Fungsional. Semuanya berstatus Pegawai Negeri Sipil dan dapat bekerja dalam bidang yang menjadi tugas dan wewenang KUA. Berikut ini klasifikasi pegawai ;

Data Pegawai Menurut Jenis Kelamin

NO

JENIS
JENIS KELAMIN

JUMLAH

KET
Laki-Laki
Perempuan
1
Kepala KUA
1
-
1
PNS
2
Staf
2
5
7
PNS
3
Penyuluh
1
1
2
PNS
Jumlah
4
6
10

Data Pegawai Berdasarkan Kualifikasi Pendidikan


NO
STATUS KEPEGAWAIAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN

JUMLAH
<=SLTA
<=D3
S1
S2
1
PNS
-
10
-
10
2
CPNS
-
-
-
-
-
3
PTT
-
-
-
-
-
Jumlah
-
10
-
10

Data Pegawai Berdasarkan jenjang Golongan/Kepangkatan



NO
STATUS KEPEGAWAIAN
Pangkat/Gol

JUMLAH
<=Gol. IIIa
Gol. IIIb
Gol. IIIc
>=Gol. IIId
1
Kepala KUA
-
1
-
-
1
2
Staf
7
-
-
-
7
3
Penyuluh
2
-
-
-
2
Jumlah
9
1
-
10

0 komentar:

Posting Komentar